Selasa, 09 Mei 2017

Anda bisa mendidik diri anda sendiri ketika anda membesarkan anak anda

Review Buku


“Hal yang paling saya ingat adalah ketika Dr. Markham mengatakan tentang parenting dengan “cangkir penuh”. Maksudnya jika kita memulai hari dengan perasaan yang kosong, maka apa yang akan kita bagi kepada anak kita? Menemukan cara untuk merefresh energi kita sebagai orangtua adalah suatu hal yang penting, jadi saya selalu bangun jam 6 pagi dan kemudian berjalan jalan sendiri. Hal ini menambah energi saya dan membantu saya untuk lebih fokus menjalani hari dan memenuhi kebutuhan anak saya. Mengobrol bersama teman-teman juga hal yang penting sehingga saya seringkali berkumpul dengan teman teman untuk mendapatkan “friends time” seperti yang kita butuhkan” - Amanda, ibu dari anak berumur 4 tahun dan 1 tahun -


Jika anda menemukan diri anda seringkali merasa marah, kosong, kelelahan; jika otak anda seringkali dipenuhi pikiran-pikiran negatif tentang anak anda, atau anda sering berteriak kepada anak anda, maka bisa jadi anda tergolong kepada kategori orangtua SAP/Sacrificing yourself on Altar of parenthood. Hal ini adalah kondisi dimana kita sebagai orangtua kurang memberikan perhatian terhadap kebutuhan diri kita sendiri. Tidak baik bagi diri kita untuk merasakan hal ini secara berlebihan. Karena hal ini akan menghilangan kesenangan alami yang kita miliki. Dan hal ini tentu saja tidak baik untuk anak anak kita.

Pada akhirnya, kitalah satu satunya yang bertanggungjawab tentang bagaimana kita menjalani hidup kita. Dan ketika kita meninggal nanti, tidak ada satupun orang yang akan bertanggungjawab jika kita tidak merasa bahagia. Cara rahasia dalam menjalankan kehidupan masa dewasa adalah dengan menyadari bahwa kita semua masih dalam proses tumbuh, dan menjalani proses pengasuhan mendorong kita untuk menjadi orangtua bagi diri kita sendiri, sebaik kita menjadi orangtua bagi anak kita. Artinya, mengasuh diri kita sendiri dan anak kita saat ini adalah sepenuhnya tanggung jawab kita.

Apakah itu berarti, kita perlu mengatakan kepada anak bahwa kita perlu menunda untuk memenuhi kebutuhannya karena kita perlu memenuhi kebutuhan kita terlebih dahulu? Tidak, tentu saja tidak. Mengasuh anak adalah tentang mendidik anak, artinya mencoba menemukan apa kebutuhannya dan berusaha memenuhinya. Kita sebagai orangtua, walau bagaimanapun, adalah orang dewasanya. Jadi titik dimana kita bisa menjadi orangtua yang tenang adalah ketika kita mampu menjadi orangtua bagi diri kita sendiri.

Hal penting adalah merubah apa yang kita lakukan: mendidik diri anda sendiri melalui hal-hal yang kecil setiap harinya. Dan hal penting lainnya adalah kita perlu merubah sikap kita: yaitu menemukan ketenangan dalam diri kita. Solusinya adalah melatih diri kita sendiri setiap hari seperti kita melatih anak kita. Kabar buruknya adalah, hal ini butuh usaha keras. Namun usaha keras ini yang akan merubah kita menjadi lebih baik.

Bagaimana caranya?
(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...