Rabu, 21 Maret 2018

Homeschooling Keenan (Day 19)


Jumat, 2 Maret 2018


Yeay. Jum’at lagi! Waktunya wisata masjid lagi. Hari ini kami memilih masjid dekat rumah yang biasa kami datangi ketika hari-hari besar, misalnya Idul Fitri atau Idul Adha.
Masjid ini bernama masjid At-Taqwa. Masjidnya terletak di pinggir jalan besar. Masjid ini tidak teralu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Cukup untuk menampung orang-orang yang ingin beribadah di sekitar kompleks rumah kami. Masjidnyapun bersih dan terawat. Saat pagi hari, biasanya ada TPA untuk anak-anak usia 4 tahun ke atas.
Saat kami datang, masjid ini sedang di bersihkan. Ada orang yang sedang memvakum karpet-karpet sajadah di sana. Karena khawatir akan mengganggu, jadi kami hanya bermain di pinggiran masjidnya saja. Saya sendiri memang membawa buku ketika pergi wisata masjid agar bisa membacakannya untuk Keenan.
Ketika melihat saya mengeluarkan buku, Keenan langsung tertarik untuk melihatnya. Dia berusaha untuk membuka sendiri halaman demi halaman. Dan ibunya hanya ditugaskan untuk membacakan isinya. Saya sendiri merasa bersyukur Ken dan Keenan sangat tertarik dengan buku. Semoga hal ini bisa terus berlanjut hingga menjadi suatu kebiaasaan yang baik di kemudian hari. Aamiin.



Setelah memaca buku, kamipun berkeliling sebentar di seputar masjid. Saya memperkenalkan satu per satu barang yang kami temui disana. Seperti kubah masjid, sajadah, mukena, sarung, mimbar, pagar, dan lain-lan. Keenan sendiri hanye mendengarkan. Yah walaupun sekarang terlihat belum memperhatikan, tapi saya percaya dia merekam semua yang saya katakan dalam otaknya. Dan semoga suatu saat nanti ia menjadi orang yang hatinya selalu dekat dengan masjid. Aamiin.

Tempat: Masjid A-Taqwa
Alasan: Dekat dengan rumah

Kegiatan:
Mengenal masjid

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan: mengenal rumah ibadah
Fitrah yang dilibatkan: fitrah keimanan

2.  Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -

3. Sosial: bermain bersama ibu
Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial

4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: berjalan, berlari
b) Kognitif: mengenal nama-nama benda yang ada di masjid
c) Kemandirian: -
d) Emosi: -
Fitrah yang dilibatkan: -

Perlengkapan:
Buku

Biaya:-


#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...