Kamis, 15 Maret 2018

Homeschooling Keenan (Day 15)


Senin, 26 Februari 2018

Salah satu keistimewaan homeschooling adalah beragamnya kegiatan yang bisa dipilih anak. Aktivitasnyapun tidak terbatas pada ruang kelas dan kurikulum yang saklek. Semua masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Seperti hari ini, saya dan Keenan pergi berbelanja ke supermarket. Keenan (dan Ken) selalu senang jika di ajak berbelanja. Mereka sudah bisa memilih sendiri makanan atau barang yang mereka suka. Untuk itu, biasanya kami menaruh Ken dan Keenan di dalam trolly agar mereka tidak mengacak-ngacak belanjaan yang ada di supermarket. Dan Keenan sendiri menikmati duduk di trolly belanjaan ini. Ia sering berpura-pura sedang menaiki mobil atau pesawat ketika menaiki trolly.
Saat di trolly, saya menyebutkan satu per satu barang yang kami temui. Dari mulai sapu, lampu, bangku, sabun, dan lain sebagainya. Kami juga menyebutkan warna-warna yang ada di sekitar kami. Saat Keenan bosan, biasanya saya akan menyanyikan lagu kesukaan dia sambil mendorong trollynya.




Bagi saya pribadi kegiatan inipun menyenangkan. Selain karena sekarang saya punya teman ketika berbelanja, sayapun bisa mengajarkan tentang practical life kepada anak. Saya jadi teringat di salah satu kelas Bunda Saya Institut Ibu Profesional, ada cerita seorang ibu yang senang mencuci. Dan dia bingung harus mengajarkan apa kepada anaknya karena hobinya hanya mencuci. Akhirnya ibu Septi, founder Institut Ibu Profesional, menyarankan untuk mengajarkan segala hal tentang mencuci, termasuk tentang bagaimana memilih dan membeli sabun yang tepat untuk mencuci. Menarik ya!
Well, untuk saat ini saya memang belum mengajarkan sampai sana. Mungkin lain waktu, saya akan sounding untuk memperkenalkan tentang pentingnya memilih barrang yang halal ketika berbelanja kepada anak. Mudah-mudahan bisa menjadi latihan untuk mengasah fitrah keimanan anak-anak. Aamiin.

Tempat: Supermarket
Alasan:  Membantu ibu berbelanja

Kegiatan:
Menyebutkan nama-nama benda yang dilihat, memperkenalkan warna.

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan:  -
Fitrah yang dilibatkan: -

2.  Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -

3. Sosial: Bersosialisasi dengan ibu dan mba-mba SPG
Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial


4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: -
b) Kognitif: belajar mengenal warna dan menambah kosa kata
c) Kemandirian: belajar berbelanja sendiri
d) Emosi: -
Fitrah yang dilibatkan: fitrah perkembangan, fitrah belajar

Perlengkapan:
-

Biaya:-



#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...