Kamis, 15 Maret 2018

Homeschooling Keenan (Day 14)


Minggu, 25 Februari 2018

Saat hari minggu tiba, saya memaksimalkan kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Termasuk interaksi antara Keenan dan Ken.

Menurut pengamatan saya, hubungan antara Ken dan Keenan sangat unik. Kadang mereka bertengkar karena memperebutkan sesuatu. Tapi mereka lebih sering berperilaku rukun dan menjadi teman satu sama lain. Bahkan, seringkali saya merasa terbantu dengan kehadiran Keenan yang umurnya hany terpaut 1.5 tahun dengan Ken karena Ken menjadi punya teman bermain. Dalam keseharian, biasanya mereka sudah bisa main berdua dan saya hanya mengawasi. Bahkan terkadang, saya justru malah bingung saat hanya menemani satu diantara mereka karena harus full menemani bermain. Karena sepertinya saya sudah terbiasa hanya mengawasi dan tidak terlibat  langsung.

Seperti hari ini, temanya adalah membereskan mainan bersama. Ken dan Keenan sepertinya mewarisi gen "beres-beres" dari ayahnya karena mereka berdua suka melakukan ini. Terkadang, mereka menumpahkan terlebih dahulu barang-barang yang ada disuatu tempat, baru nanti merapihkannya kembali.

Secara teori, anak usia 2 tahun sudah bisa dibentuk kebiasaan untuk rapih-rapih. Yang terpenting adalah aturannya jelas dan konsisten. Kapan mainan tersebut boleh dipakai dan kapan mainan tersebut perlu dibereskan. Dan jika sudah waktunya dibereskan, maka ibu dan anak perlu komitmen untuk membereskannya, walaupun anak merengek menolak.





Tempat: Rumah
Alasan:  Memaksimalkan waktu dengan keluarga

Kegiatan:
Membereskan mainan.

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan:  -
Fitrah yang dilibatkan: -

2.  Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -

3. Sosial: Bersosialisasi dengan kakak dan ibu.
Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial


4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: -
b) Kognitif: -
c) Kemandirian: belajar merapikan mainannya sendiri.
d) Emosi: -
Fitrah yang dilibatkan: fitrah perkembangan, fitrah belajar

Perlengkapan:
Mainan

Biaya:-



#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...