Selasa, 06 Maret 2018

Homeschooling Keenan (Day 13)


Tanggal: 24 Februari 2018

Setelah melakukan evaluasi, saya menyimpulkan masih sedikit kegiatan yang melibatkan aspek emosi. Jadi, hari ini kami putuskan untuk bermain tentang pengenalan emosi. Ada empat emosi dasar yang saya kenalkan kepada Ken dan Keenan, yaitu sedih, bahagia, takut dan marah.
Saya mencoba untuk memperkenalkannya dengan pretending play atau bermain pura-pura. Saya berpura-pura sedih, bahagia, takut dan marah, lalu meminta mereka untuk menirunya. Dan di kegiatan ini, ada satu kejadian yang menarik. Saya terkejut dengan respon yang  dikeluarkan oleh anak-anak saya ketika saya mengeluarkan ekspresi sedih. Mereka langsung mengelus kepala saya sambil memandangi wajah saya. Ah saya sungguh terharu (jadi malah pengen nangis beneranhiks).
Memang ketika Ken atau Keenan menangis, kami sering meminta saudaranya untuk mengelus kepalanya sebagai tanda sayang. Rupanya permintaan ini berbekas di memori mereka dan mereka melakukannya ke saya saat saya terlihat sedih (Ya ampun nak. Kalian manis sekali)

Tempat: Rumah
Alasan:  Memaksimalkan waktu dengan keluarga

Kegiatan:
Belajar mengenal emosi dasar: marah, sedih, bahagia, takut.

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan:  -
Fitrah yang dilibatkan: -

2.  Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -

3. Sosial: Bersosialisasi dengan kakak dan ibu.
Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial

4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: -
b) Kognitif: -
c) Kemandirian: -
d) Emosi: Mengenal jenis-jenis emosi  dasar, yaitu sedih, bahagia, takut, dan marah.
Fitrah yang dilibatkan: fitrah perkembangan, fitrah belajar

Perlengkapan:
-

Biaya:-

Note: Sayang hari ini tidak ada fotonya. Dan juga ayah tidak bisa bermain bersama kami karena sedang lembur bekerja, menguras bak yang besarnya seperti lapangan bola :D

#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...