Jumat, 09 Februari 2018

Program Membaca One Week One Book



(Warning! Postingan ini mengandung banyak curhatan emak-emak ;p)

Asal Mula
Berawal dari diskusi di salah satu grup menulis yang saya ikuti (dan tahun ini saya menjadi adminnya), yaitu grup fb #ODOPfor99days. Di akhir tahun, kami semua diminta untuk me-list buku apa aja yang udah dibaca tuntas selama setahun. Dan disana saya tertakjub-takjub (alah bahasanya…). Karena ternyata, banyak emak-emak yang berhasil menamatkan banyak buku. Bahkan ada yang mencapai 44 buku dalam setahun!!! What!!!

Terus saya langsung diem sambil ngaca.

Ya Tuhan, semenjak jadi emak, rasanya namatin satu buku aja susah bener. Kek makan kulit sapi yang direbus cuma 5 menit. Alot!!! Sumpah!!! kok mereka bisa ya??? (Terus nangis guling-guling. Hehhe. Boong deng)

Tapi namanya juga Erna (cieee…). Saya ga pantang nyerah. Kalau mereka bisa, saya juga pasti bisa. Finally saya bikin program baca “One Week One Book” ini sebagai resolusi tahun 2018.

Tantangan
Yah namanya juga idup. Ga mungkin lempeng-lempeng aja kan. Apalagi kalo buat hal yang baik, berat euy tantangannya (Curhat mba? Iya… hahahaha)

Jadi di awal tahun saya mencoba menjalankan target ini. Strateginya milih buku yang tipis dan ringan. Dan untuk buku pertama, terpilihlah buku paksu yang berjudul “Filosofi Kopi” nya Dewi Lestari. Tipis banget itu beneran Isinya juga enteng, ga kaya tagihan-tagihan yang harus dibayar (curhat lagi mba? Iyeeee…). But you know what, sampe sekarang saya belum bisa namatin. Ya ampun. Shame on me. Seriusan. Padahal saya termasuk big fans nya Dee loh. Tapi kok ya tetep ga bisa namatin dengan cepet yak…

Akhirnya saya inget curhatan saya di grup itu, tentang saya yang susah namatin buku. Terus mereka bilang kurang lebih kayak gini (walaupun ini kebanyakan saya lebihin sih. Hahahaha)

“Gapapa mba, itu bukan salah mba kok. Seriusan. Baca buku itu kayak jodoh. Ga bisa dipaksain. Kalau emang ga cocok ya gapapa. Ambil buku laen aja. Saya juga gitu kok. Kadang ga semua buku selesai saya tamatin”.

Berasa dapet aer di gunung eh gurun sahara, rasanya adem banget denger kayak gitu. Se-enggaknya saya ngerasa bukan otak saya yang soak karena ga bisa cepet namatin buku. Tapi ya buku itu emang kek jodoh. Cocok-cocokan. Kalo dipikir-pikir bener juga sih. Walau udah jadi emak-emak, saya juga bisa namatin buku cuma beberapa hari kalo bukunya emang asik atau sesuai dengan apa yang lagi saya jalanin sekarang. Contohnya buku “Bidadari untuk Dewa”nya karya Bunda Asma Nadia. Dua hari tamat!!! (Horraaaay)

Selanjutnya, sayapun memulai petualangan buku itu. Prinsipnya sederhana. Baca sedikit, kalo ga masuk otak tinggalin, kalo asik lanjutin. Simple kan. Yeayyy…

Tapi jadinya boros dong beli buku banyak-banyak cuma buat “dijamah” depannya doang?

Ya ga lah. Yang namanya emak-emak, “irit” is our middle name. Ngahahahaha. Banyak cara untuk “menjamah” bagian-bagian buku tanpa harus beli. Big thanks buat beragam aplikasi kayak google play books yang nyediain sample gratis buat di baca. Jadi bisa di test drive dulu sebelum beli. Atau pinjem ke perpus buat baca buku beberapa halaman. Kalau asik dilanjutin, kalo ga ya dadah bye bye aja. Irit kan ^_^

Nah udah seminggu ini saya berhasil menamatkan buku Unexpected love, About Love, Aku Anak yang Berani Bisa Melindungi Diri Sendiri, Mimpi Nyata Tania, Nasihat Terindah mama. Keren kan??? (please bilang keren biar saya seneng, hehhehe). Yah walaupun bukunya tipis-tipis, tapi ini pemanasan yang baik buat ke buku yang lebih “berat”. hehhe. Sebenernya saya lagi baca buku tentang Siti Aisyah juga. Tapi itu lumayan lama namatinnya. Kalau ada referensi buku tentang Siti Aisyah yang asik dan enteng buat dibaca boleh loh dibisikin ke saya :)

Oke segitu dulu ya. Review bukunya besok… hehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...