Senin, 19 Februari 2018

Homeschooling Ken dan Keenan (2)





Di postingan sebelumnya saya bilang kalo manusia bisa seimbang setelah dia memenuhi 4 haknya, yaitu hak kepada diri sendiri, hak kepada sesama manusia, hak kepada alam, dan hak kepada Tuhan. InsyaAllah nanti saya bahas satu persatu ya karena itu panjang. Ngalahin panjang gerbong kereta api. Tapi InsyaAllah, kurang lebih ilustrasinya seperti gambar di atas.

Di postingan pengantar kedua ini, saya mau membahas beberapa poin yang menjadi catatan selama homescholing anak saya, yaitu Ken dan Keenan. Nah untuk sementara Keenan dulu ya karena Ken baru mulai insya Allah pertengahan tahun ini. Apa aja poin-poinnya. Check this out *wink

1. Homeschooling ini perpaduan antara Pendidikan Berbasis Fitrah, Prinsip-prinsip Perkembangan dalam Ilmu Psikologi, dan Manajemen Pendidikan. Jadi emang bukan murni dari pendidikan berbasis fitrah ya. Terutama tentang teknisnya.
Misalnya kalo di frame pendidikan berbasis fitrah, ga ada yang namanya indikator keberhasilan. Tapi di homeschooling ini, saya buat seperti ada kurikulumnya. Hanya disesuaikan dengan kebutuhan. Kurang lebbih seperti Individualized Education Program.

2. Karena ini homeschooling, maka kegiatan utamanya berlangsung sepanjang hari. Oleh karena itu, aktifitas-aktifitasnya akan dibagi 3, yaitu kegiatan pagi, kegiatan siang, dan kegiatan malam. Tapi ini akan dibuat bertingkat. Sebulan pertama akan saya buat rancangan kegiatan pagi saja, bulan kedua ditambah dengan kegiatan siang, dan bulan terakhir akan ditambah lagi dengna kegiatan malam.

3. Oia, kegiatan homeschooling ini akan dibuat menjadi caturwulan. Artinya rancangan kegiatannya akan dibuat untuk 4 bulan, dan setiap 4 bulan sekali akan diberikan evaluasi bagi kegiatan yang sudah berjalan.

4. Aspek utama dari materi pembelajarannya berdasar dari keempat hak yang saya katakan di atas, yaitu hak kepada diri sendiri, sesama manusia, alam, dan tuhan. Nanti dikolaborasi dengan tugas-tugas perkembangan berdasarkan usia anak dan juga fitrah apa yang tercover di dalamnya. Untuk contohnya menyusul ya buibu. Hehehe.

Untuk sementara segitu dulu. Next saya akan coba buat laporan kegiatannya dari yang sudah seminggu kemarin kami lakukan. Selamat menikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...