Minggu, 25 Februari 2018

Homeschooling Keenan (Day 4)


Tanggal: 15 Februari 2018

Hari ini kegiatan kami adalah berkebun. Saya melibatkan Keenan untuk membeli segala perlengkapan berkebun ini. Jadi tadi kami pergi ke pasar. Tapi saya lupa kalau besok adalah hari Imlek, jadi hampir sebagian tok o disini tutup. Jadilah saya dan Keenan berputar-putar dulu keliling kota demi kegiatan berkebun ini.
Oia, untuk tanamannya saya juga beli di pasar. Ada seorang kakek-kakek yang berjualan di sana. Harga pohon di kakek ini relatif murah. Berkisar antara 5000-20.000. ia juga sering memberikan potongan harga dan bonus tanaman kalau kita membeli banyak.
Seringkali saya melihat, ada ibu-ibu yang menjual tanamannya kepada beliau. Jadi biasanya ibu rumah tangga yang dirumahnya sudah banyak tanaman, kemudian mengambilnya beberapa bagian untuk di jual. Harga jualnya relatif murah. Biasanya hanya 3-4 ribu rupiah. Dan kakek tersebut akan dengan senang hati menerimanya.
Saya pikir ini ide bagus. Selama bercocok tanam, saya baru sadar kalau yang namanya tanaman itu terus membesar dan akhirnya tambah banyak. Bahkan saya juga sering memindahkan satu tanaman menjadi dua tanaman karena sudah tumbuh rimbun. Jadi lumayan juga kan kalau itu jadi tambahan pemasukan bagi para ibu-ibu yang emang telaten ngurusin tanamannya.

Oia, selama proses berkebun ini, Keenan sangat menyukainya. Dia menyendok tanah yang sudah saya taruh dibaskom dengan antusias. Sesekali ia terlihat kesal ketika belum berhasil memindahkan tanahnya karena tanah yang terlalu keras. Tapi saya selalu bilang untuk terus mencoba lagi dan jangan menyerah.

Tempat: Pasar dan Rumah
Alasan: -

Kegiatan:
Berkebun

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan: Saya menyebutkan bahwa tanah, pohon, dan bunga yang ia tanam adalah ciptaa Allah. Tuhan menciptakan itu karena baik kepada manusia.
Fitrah yang dilibatkan: Fitrah keimanan, fitrah perkembangan

2.  Alam: belajar menanam pohon

3. Sosial: -
Fitrah yang dilibatkan: -

4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: melatih sensori perasa dengan cara memegang langsung tanah, melatih motorik halus memalui kegiatan menyendok tanah dari baskom ke pot
b) Kognitif: Menyebutkan benda-benda yang kami lihat
c) Kemandirian: Menanam tanaman sendiri
Fitrah yang dikembangkan: fitrah perkembangan


Hasil (Ibu) nya

Perlengkapan:
1. Motor atau kendaraan
2. Kain jarik atau gendongan (jaga-jaga anak mengantuk di motor)
3. Tanah
4. Tanaman
5. Pohon

Biaya:
1. Parkir: 1.000
2. Tanah: 10.000
3. Tanaman: 30.000 (sebetulnya untuk keperluan kegiatan ini satu pohonpun cukup dan itu harganya hanya 5.000. Tapi ibu kalap liat pohon lucu-lucu jadi beli banyak. Hehehe)
4. Pot: 30.000/2 buah

#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...