Kamis, 23 Agustus 2018

Fostering Connection atau Memperkuat Ikatan antara Orangtua dan Anak (Review buku “Peaceful Parent, Happy Kids”)



Menurut buku ini, anak akan merasa aman ketika dia tahu bahwa ada seseorang yang akan tetap disampingnya meskipun ia telah melakukan kesalahan atau suatu kekecewaan. Dengan kata lain, jika anak mengetahui bahwa orangtuanya tetap akan disampingnya apapun yang terjadi, ia akan belajar untuk terus tumbuh dan memiliki daya tahan yang kuat ketika menghadapi berbagai masalah. Ketika seorang anak merasa aman berinteraksi dengan orangtuanya, mereka akan belajar untuk mencintai diri mereka sendiri dan orang lain. Para orangtua dahulu berkata ketika orangtua memberikan anaknya sebuah “akar”, maka dikemudian hari mereka akan mampu tumbuh dengan baik. Terlebih lagi, hubungan yang terjalin dengan baik antara orangtua dan anak adalah rahasia untuk menjadi orangtua yang bahagia. Itu alasannya mengapa “memperkuat ikatan” menjadi salah satu dari tiga hal utama yang menjadi topik di buku ini.

Seperti yang ada di buku ini, kedua hal penting lainnya juga melibatkan pentingnya keterikatan yang kuat antara orangtua dan anak. Bagian “Membimbing, bukan mengontrol”, yang merupakan topik kedua dari buku ini, tidak mungkin dapat terjadi jika anak tidak memiliki ikatan yang kuat dengan orangtuanya. Dan untuk bagian “meregulasi diri sendiri”, kondisi emosi orangtua secara keseluruhan akan mempengaruhi bagaimana orangtua memperlakukan anaknya.

Kenapa keterikatan dengan anak menjadi salah satu rahasia penting untuk menjadi orangtua yang bahagia?

Seringkali orangtua mempersepsikan keterikatan orangtua dengan anak sebagai kewajiban. Oleh karena itu, orangtua punya serentetan daftar tugas yang sangat panjang hingga akhirnya hal yang paling orangtua inginkan adalah satu jam untuk dirinya sendiri tanpa ada yang mengganggu. Padahal kenyataannya adalah, hubungan yang terjalin antara orangtua dan anak-anak merupakan reward sebenarnya yang membayar semua kerja keras orangtua selama ini. Momen-momen dimana hati orangtua merasa tersentuh adalah suatu hal yang membuat orangtua merasa bahwa semua pengorbanan yang dilakukan memang layak diperjuangkan. Dan anak perlu tahu bahwa orangtuanya merasa sangat senang ketika berada dengan anak-anaknya. karena jika tidak, mereka tidak bisa melihat bahwa diri mereka layak untuk dicintai. Dan faktanya, kemampuan orangtua untuk bisa merasa senang ketika berada bersama anaknya adalah hal yang paling dibutuhkan dalam perkembangan seorang anak.

Ikatan yang erat antara ibu dan anak juga merupakan suatu hal yang membuat proses mendidik anak secara menyenangkan sangat mungkin terjadi. Selain itu, ketika anak merasa bahwa mereka tidak dicintai, maka peraturan-peraturan yang orangtua tetapkan dikeluarga akan dinilai tidak adil oleh mereka dan semua yang orangtua lakukan di rasa berbeda dengan apa yang mereka butuhkan.

Selain itu, hubungan yang dekat dengan anak juga akan membawa orangtua kepada kemampuan natural parenting, yaitu kemampuan yang memang sudah ada dalam diri seseorang sehingga ia bisa melihat sesuatu dari sudut pandang anak dan hal ini yang pada akhirnya mampu menjadikan orangtua sebagai orangtua yang lebih baik. Hal ini juga yang akan membuat anak menjadi lebih terbuka terhadap pengaruh orangtuanya, meskipun mereka sudah ada di dunia yang lebih luas seperti dunia pertemanan, sekolah, dan disepanjang sisa waktu hidup mereka. terbukti bahwa berbagai penelitian menunjukan kalau cara terbaik untuk melindungi remaja dari pengaruh buruk lingkungan dan teman-temannya adalah hubungan yang erat dengan orangtuanya. Oleh karena itu, buatlah ikatan yang kuat dengan anak sejak mereka masih bayi.

Oke. Segitu dulu ya reviewnya. Minggu depan orangtua lanjut lagi dengan cara-cara mempererat ikatan antara orangtua dan anak berdasarkan usianya. Stay tune J


Sumber:

Markham, L. 2012. Peaceful Parent, Happy Kids (How To Stop Yelling and Start Connecting). New York: Penguin Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...