Jumat, 29 Juni 2018

Homeschooling Keenan (Day 40): Mengenalkan Adzan dan Shalat



Jumat, 23 Maret 2018


Holaaaaa....
Ketemu lagi setelah sekian purnama. Hehehhehe
Lagi sibuk sana-sini jadi baru sempet bikin laporan homeschooling Keenan. Baisanya perhari emang dibuat laporannya. Tapi ga detail. Baru kali ini sempet bikin yang detail lagi (alasan. hahahaha).
Ya udah lah ya kita mulai aja. Ini laporan waktu tanggal 23 Maret 2018. Kegiatannya mengenalkan adzan dan shalat.  Sebetulnya dalam framework pendidikan berbasis fitrah, fokus utama di usia kayak Keenan gini yaitu memunculkan image positif bahwa ibadah itu menyenangkan. Jadi saya fokus ke aspek itu aja.

Setiap adzan datang, saya bilang ke Keenan,”Asyik, waktunya shalat. Shalat itu bikin seneng loh. Soalnya bisa ngobrol sama Allah”. Setelah itu biasanya saya langsung wudhu. Dan saya memilih untuk belum memperkenalkan cara wudhu ke Keenan. Kenapa? Karena Keenan suka banget main air. Kalau di ajak wudhu, yang ada dia malah ngebasahin semua bajunya. Terus saya jadi bete. Terus kegiatan shalatnya jadi ga menyenangkan lagi. Jadi ya udah. Akhirnya saya pilih untuk menskip dulu perkenalan tentang wudhu ini dan fokus memperkenalkan ke Keenan kalau shalat itu menyenangkan.

Biasanya ketika shalat, sajadah Keenan tetap ada di depan saya karena dia anak laki-laki. Di kamar kami memang ada kaca sehingga meskipun di depan, dia bisa melihat gerakan-gerakan saya dan tidak khawatir kalau saya tidak ada. Gerakannya sih masih absurd. Bahkan kadang Keenan Cuma tiduran aja. Tapi ya gapapa. Namanya juga masih perkenalan. Hehehe.
Tapi ada PR juga nih buat saya. Keenan ga mau pake sarung atau peci. Maunya pake mukena kayak ibunya. Duhduhduh. PR juga ini karena sehari-hari yang dia lihat memang saya. Mungkin nanti kalau ayahnya sudah sering di rumah dia bisa belajar kalau laki-laki itu tidak pakai mukena. Hehehe.

Tempat: Rumah
Alasan: bisa lebih fokus mengajarkan anak shalat.

Kegiatan:
Memperkenalkan adzan dan shalat

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan: Belajar Beribadah
Fitrah yang dilibatkan: Fitrah keimanan

2. Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -

3. Sosial: Berinteraksi dengan ibu
Fitrah yang dilibatkan: Fitrah Sosial

4. Diri Sendiri

a)        Fisik/motorik:  melatih gerakan-gerakan shalat
b)        Kognitif: belajar kosa kata yang berkaitan dengan shalat (misal Allahu Akbar)
c)         Kemandirian: -
d)        Emosi: -

Fitrah yang dilibatkan: fitrah perkembangan dan fitrah belajar



Perlengkapan:
Peralatan shalat

Biaya:
- 
 


#homeschooling

#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...