Selasa, 24 April 2018

Kurikulum Homeschooling Ken dan Keenan


Alhamdulillah akhirnya selesai juga kurikulum Homeschooling Ken dan Keenan. Kurikulum ini dibuat berdasarkan  framework Pendidikan Berbasis Fitrah dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Untuk frameworknya tidak ada banyak perbedaan  antara Ken dan Keenan, kecuali di bagian sosial karena anak usia 3-6 tahun perlu kelekatan antara ayah dan ibu. Sedangkan untuk anak usia 0-2 tahun kelekatan masih didominasi oleh ibu. Perbedaan yang cukup banyak ada di target pencapaian secara khusus dalam aspek diri sendiri. Untuk anak usia 3-4 tahun, targetnya sudah lebih banyak dan kompleks. Namun karena saya memakai framework Pendidikan Berbasis Fitrah, pencapaian target tersebut perlu dilakukan dengan cara menyenangkan agar menimbulkan antusias anak terhadap proses belajar itu sendiri.
Oke deh. Ini dia kurikulumnya. Semoga bermanfaat ;)


Kurikulum Homeschooling Keenan
(Usia 18-24 bulan)
Aspek
Target Pencapaian secara umum
Fitrah yang dikembangkan
Kegiatan
Target Pencapaian secara Khusus
Tuhan
Anak memiliki imaji positif terhadap Allah, Ibadah, dan Agama
Fitrah Keimanan
- Memperkenalkan kepada anak bahwa setiap benda di dunia ini adalah ciptaan Allah sebagai tanda sayang Allah kepada manusia
- Menceritakan kisah-kisah tentang Rasul dan para sahabat
- Memperkenalkan kepada anak bahwa beribadah itu menyenangkan
- Anak bisa menyebutkan bahwa setiap benda ciptaan Allah
- Anak sering mendengar bahwa setiap benda di dunia ini adalah ciptaan Allah sebagai tanda sayang Allah kepada manusia
- Anak mendengarkan kisa-kisah tentang Rasul dan para sahabat minimal sehari sekali
- Anak mendapatkan keteladanan tentang beribadah dan mendengar serta melihat bahwa ibadah itu menyenangkan (misalnya ketika mau shalat, orangtua mengatakan bahwa ia akan beribadah karena beribadah itu menyenangkan)
Alam
Anak memiliki imaji positif terhadap alam dan terbiasa berinteraksi dengan alam
Fitrah belajar
- Membiasakan anak untuk berinteraksi dengan alam hewan dan tumbuhan, baik di luar rumah maupun di dalami rumah
- Memperkenalkan anak tentang manfaat hewan dan tumbuhan serta komponen alam lainnya terhadap kehidupan manusia

- Memperkenalkan anak terhadap berbagai macam hewan dan suaranya
- Mengajak anak bermain dan belajar di alam terbuka minimal seminggu sekali
- Anak mendapatkan kesempatan untuk menyiram tanaman di pagi dan sore hari
- Anak mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan saat dirumah dengan tetap memperhatikan kebersihan (misal membiasakan untuk mencuci tangan setiap selesai memegang hewan)
-  Anak mendengar tentang manfaat hewan, tumbuhan, serta komponen lainnya terhadap kehidupan manusia minimal seminggu sekali. Baik melalui media permainan, dongeng, buku, atau dengan mengobrol.
- Anak mendapatkan pengetahuan tentang berbacai macam hewan dan suara-suaranya.
Sosial
Membangun kelekatan terhadap ibu
Fitrah seksualitas
- Memiliki waktu khusus bermain bersama ibu

- Mengerjakan kegiatan yang sifatnya pemenuhan kebutuhan pribadi bersama ibu :makan, mandi, toileting, belajar
-  Anak menghabiskan lebih banyak waktu bersama ibu dibandingkan dengan figur lainnya
- Anak melakukan kegiatan yang sifatnya pemenuhan kebutuhan pribadi dengan pengawasan ibu
Diri sendiri
- Anak antusias ketika diajak melakukan kegiatan belajar dan yang berhubungan dengan logika dasar
-Membangkitkan kesadaran bakat lewat penghargaan atas sifat unik dan tidak membenturkannya pada ADAB/
AKHLAK
Fitrah belajar dan fitrah bakat
- Memberikan kesempatan anak untuk mengeksporasi dan mencoba berbagai kegiatan dengan cara yang menyenangkan
- Mendokumentasikan kegiatan anak
- Memberikan makanan yang bergizi serta mengenalkan pola makan, pola tidur dan pola menjaga kebersihan ala Rasul
Kognitif:
- Anak mampu  mempergunakan alat permainan meskipun  masih memainkannya dengan cara tidak beraturan, seperti balok dipukul
- Anak memahami gambar wajah orang
- Anak memahami milik diri sendiri dan orang lain. Misal milik saya, milik kamu
- Anak mampu menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya. Misal garam-asin, gula-manis

- Anak mampu menyusun balok dari besar ke kecil dan sebaliknya
- Anak mengetahui akibat dari suatu perlakuan (misal: menarik talak meja akan menjatuhkan barang)
- Anak mampu merangkai puzzle sederhana
- Anak mampu menyebutkan angka satu sampai lima dengan menggunakan jari
- Anak menaruh perhatian pada gambar-gambar dalam buku
- Anak mampu memahami kata-kata sederhana dari ucapan yang didengar
- Anak mampu menjawab pertanyaan dengan kalimat yang pendek
- Anak mampu menyanyikan lagu sederhana
- Anak mampu menyatakan keinginan dengan kalimat pendek
Motorik Kasar:
- Anak mampu berjalan sendiri tanpa jatuh
- Anak mampu melompat di tempat
- Anak mampu naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi tanpa bantuan
- Anak mampu berjalan mundur beberapa langkah
- Anak mampu menarik dan mendorong benda yang ringan (kursi kecil)
- Anak mampu melempar bola ke depan tanpa kehilangan keseimbangan
- Anak mampu menendang bola ke arah depan
- Anak mampu berdiri dengan satu kaki selama satu atau dua detik
- Anak mampu berjongkok
Motorik Halus:
- Anak mampu membuat garis vertikal atau horisontal
- Anak mampu membalik halaman buku alau belum sempurna
- Anak mampu menyobek kertas
Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Anak memiliki berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sesuai dengan standar usia
- Anak mampu mencuci tangan sendiri
- Anak mampu makan dengan sendok walau belum rapi
- Anak mampu menggosok gigi dengan bantuan
- Anak mampu memegang tangan orang dewasa ketika di tempat umum
- Anak mampu mengenal beberapa penanda rasa sakit (misal: menunjukan rasa sakit pada bagian tertentu



Rancangan Kegiatan Harian Homeschooling Keenan
(Usia 18-24 bulan)
Waktu
Kegiatan
Catatan
Pagi
- Makan pagi sendiri dengan pengawasan ibu dan dengan pola yang diajarkan Rasul
- Mencuci tangan sendiri
- Menyiram tanaman
- Mandi dengan pengawasan ibu
- Bermain permainan motorik kasar
- Bermain permainan motorik halus/kognitif
- Mendengarkan kisah tentang Rasul dan para sahabat
- Tidur pagi
- C ek ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
- Imunisasi sesuai jadwal
Siang
- Makan siang  sendiri dengan pengawasan ibu dan dengan pola yang diajarkan Rasul
- Mencuci tangan sendiri
- Bermain permainan motorik halus/kognitif
- Berinteraksi dengan kakak
- Menyaksikan ibu beribadah
- Tidur siang
Sore-malam
- Menyiram tanaman
- Mandi dengan pengawasan ibu
- Bermain di lingkungan tetangga (bermain bersama ibu dan ayah di waktu weekend)
- Makan malam dengan pengawasan ibu
- Menyaksikan ibu beribadah
- Cuci badan sebelum tidur (sikat gigi, cuci tangan, cuci kaki)
- Mendengarkan dongeng dari ibu



Kurikulum Homeschooling Ken
(Usia 3-4 tahun)
Aspek
Target Pencapaian secara umum
Fitrah yang dikembangkan
Kegiatan
Target Pencapaian secara Khusus
Tuhan
Anak memiliki imaji positif terhadap Allah, Ibadah, dan Agama
Fitrah Keimanan
- Memperkenalkan kepada anak bahwa setiap benda di dunia ini adalah ciptaan Allah sebagai tanda sayang Allah kepada manusia
- Menceritakan kisah-kisah tentang Rasul dan para sahabat
- Memperkenalkan kepada anak bahwa beribadah itu menyenangkan
- Anak bisa menyebutkan bahwa setiap benda ciptaan Allah
- Anak sering mendengar bahwa setiap benda di dunia ini adalah ciptaan Allah sebagai tanda sayang Allah kepada manusia
- Anak mendengarkan kisa-kisah tentang Rasul dan para sahabat minimal sehari sekali
- Anak mendapatkan keteladanan tentang beribadah dan mendengar serta melihat bahwa ibadah itu menyenangkan (misalnya ketika mau shalat, orangtua mengatakan bahwa ia akan beribadah karena beribadah itu menyenangkan)
Alam
Anak memiliki imaji positif terhadap alam dan terbiasa berinteraksi dengan alam
Fitrah belajar
- Membiasakan anak untuk berinteraksi dengan alam hewan dan tumbuhan, baik di luar rumah maupun di dalami rumah
- Memperkenalkan anak tentang manfaat hewan dan tumbuhan serta komponen alam lainnya terhadap kehidupan manusia


- Mengajak anak bermain dan belajar di alam terbuka minimal seminggu sekali
- Anak mendapatkan kesempatan untuk menyiram tanaman di pagi dan sore hari
- Anak mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan saat dirumah dengan tetap memperhatikan kebersihan (misal membiasakan untuk mencuci tangan setiap selesai memegang hewan)
-  Anak mendengar tentang manfaat hewan, tumbuhan, serta komponen lainnya terhadap kehidupan manusia minimal seminggu sekali. Baik melalui media permainan, dongeng, buku, atau dengan mengobrol.
Sosial
Membangun kelekatan terhadap ibu dan ayah
Fitrah seksualitas
- Memiliki waktu  dan ayahkhusus bermain bersama ibu
- Mengerjakan kegiatan yang sifatnya pemenuhan kebutuhan pribadi bersama ibudan ayah :makan, mandi, toileting, belajar
-  Anak menghabiskan lebih banyak waktu bersama ibu dan ayah dibandingkan denggan figur lainnya
- Anak melakukan kegiatan yang sifatnya pemenuhan kebutuhan pribadi dengan pengawasan ibu dan ayah
- Anak dapat bersabar menunggu giliran
- Anak mulai menunjukan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
- Anak mulai menunjukan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
- Anak mulai mampu membangun kerjasama
- Anak mulai memahami adanya perbedaan perasaan (teman takut, saya tidak)
- Anak mulai bisa belajar meminjam dan meminjamkan mainan kepada orang lain
- Anak mulai bereaksi terhadap hal-hal yang tidak benar (misal marah bila diganggu)
- Anak mulai mengatakan perasaan secara verbal
Diri sendiri
- Anak antusias ketika diajak melakukan kegiatan belajar dan yang berhubungan dengan logika dasar
-Membangkitkan kesadaran bakat lewat penghargaan atas sifat unik dan tidak membenturkannya pada ADAB/
AKHLAK
Fitrah belajar dan fitrah bakat
- Memberikan kesempatan anak untuk mengeksporasi dan mencoba berbagai kegiatan dengan cara yang menyenangkan
- Mendokumentasikan kegiatan anak
- Memberikan makanan yang bergizi serta mengenalkan pola makan, pola tidur dan pola menjaga kebersihan ala Rasul
Kognitif:
- Anak mulai paham bila ada bagian yang hilang dari suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang yang matanya tidak ada, mobil bannya copot, dsb
- Anak mampu menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya
- Anak mampu menyebutkan berbaggai macam kegunaan benda
-Anak mampu memahami persamaan antara dua benda
- Anak mampu memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama. Misalnya perbedaan antara buah rambutan dengan buah pisang
- Anak mampu mengerjakan tugas sampai selesai
- Anak mampu menjawab apa yang akna terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan
- Anak mampu menyebutkan bilangan 1-10
- Anak mampu mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-Z yang pernah dilihatnya
- Anak mampu menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
- Anak mulai mengikuti pola tepuk tangan
- Anak mulai mengenal konsep banyak dan sedikit
- Anak mulai mengenali alasan mengapa sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
- Anak mampu menjelaskan model/karya yang dibuatnya
- Anak mampu menyebutkan peran dan tugasnya (misal koki untuk memasak)
- Anak mampu berpura-pura membaca cerita bergambar delam buku dengan kata-kata sendiri
- Anak mulai memahami dua perintah yang diberikan secara bersamaan. Contoh: ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu
- Anak mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
- Anak mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
- Anak mulai meniru apa yang dilakukan orang dewasa
- Anak mulai mengenali berbacai macam suara dari kendaraan
Motorik Kasar:
- Anak mampu berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
-Anak mampu meniti di atas papan yang cukup lebar
- Anak mampu melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm
- Anak mampu naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
- Anak maniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat
- Anak mampu berdiri dengan satu kaki
Motorik Halus:
- Anak mampu menuang air, pasir atau biji-bijian ke dalam tempat penampungan (mangkuk, ember)
- Anak mampu memasukan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
- Anak mampu meronce benda yang cukup besar
- Anak mampu mengguting keras mengikuti pola garis lurus
- Anak mampu menggambar dengan menggunakan beragam media
- Anak mampu membentuk sesuatu denggan plastisin
Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Anak memiliki berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sesuai dengan standar usia
- Anak mampu membersihkan kotoran(misal kotoran dtangan atau ingus)
- Anak mampu memahami arti warna lampu lalu lintas
- Anak mampu menggosok gigi
- Anak mampu melakukan buang air kecil tanpa bantuan
- Anak mampu mengelap tangan dan muka sendiri
- Anak mampu memahami kalau berjalan di sebelah kiri

Rancangan Kegiatan Harian Homeschooling Ken
(Usia 3-4 tahun)
Waktu
Kegiatan
Catatan
Pagi
- Makan pagi sendiri dengan pengawasan ibu atau ayah dan dengan pola yang diajarkan Rasul
- Mencuci tangan sendiri
- Menyiram tanaman
- Mandi dengan pengawasan ibu atau ayah
- Bermain permainan motorik kasar
- Bermain permainan motorik halus/kognitif
- Mendengarkan kisah tentang Rasul dan para sahabat
- C ek ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
- Imunisasi sesuai jadwal
Siang
- Makan siang  sendiri dengan pengawasan ibu dan dengan pola yang diajarkan Rasul
- Mencuci tangan sendiri
- Bermain permainan motorik halus/kognitif
- Berinteraksi dengan adik
- Menyaksikan ibu beribadah
- Tidur siang
Sore-malam
- Menyiram tanaman
- Mandi dengan pengawasan ibu atau ayah
- Bermain di lingkungan tetangga (bermain bersama ibu dan ayah di waktu weekend)
- Makan malam dengan pengawasan ibu
- Menyaksikan ibu beribadah
- Cuci badan sebelum tidur (sikat gigi, cuci tangan, cuci kaki)
- Mendengarkan dongeng dari ibu

#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...