Senin, 26 Februari 2018

Homeschooling Keenan (Day 5)


Tanggal: 16 Februari 2018

Saya mengagendakan untuk wisata masjid setiap hari jumat. Tujuannya agar anak terbiasa dengan lingkungan masjid. Tapi minggu ini, Institut Ibu Profesional Kalimantan Barat mengadakan playdate sehingga sayang jika dilewatkan.
Ayah Ken tetap bekerja meski ini hari libur. Load pekerjaan ayah sedang tinggi sehingga ia lebih sering ke kantor akhir-akhir ini. Tapi ia akan menyempatkan untuk bermain dengan Ken dan Keenan setelah pulan kerja sehingga mereka masih bisa berkegiatan bersama ayah.
Nah karena ayah bekerja, maka kami hanya pergi bertiga. Karena khawatir kedua anak saya akan tertidur ketika di kendaraan, maka saya putuskan untuk menggunakan gocar. Beruntung di kota tempat kami tinggal sudah ada aplikasi ini. Saya, emak-emak rempong beranak dua sangat terbantu seperti sekarang.
Setelah kami tiba di lokasi, Ken dan Keenan langsung minta makan. Well, anak saya memang doyan makan dua-duanya. Baru bangun tidru aja udah minta makan.s ampe nanti tidur lagi, mereka sering meminta untuk makan. Alhamdulillah. Setidaknya saya tidak perlu memaksa mereka untuk makan.


Ok, kembali ke makanan, eh maksud saya ke kegiatan playdate, di kegiatan ini sebetulnya ada beberapa percobaan yang sudah disediakan. Tapi kami hanya mengikuti dua kegiatan saja, yaitu membuat walking water dan larva. Dua kegiatan ini sangat sederhana dan menarik untuk dilakukan.

Sayangnya saya sendiri agak kerepotan menghandle dua anak sendirian. Di tambah lagi tempatnya agak penuh dan sesak. Jadi setelah dua percobaan dilakukan, kamipun undur diri untuk pulang.

Kakak Ken sedang melakukan Percobaan



Tempat: Taman Ahmad Yani
Alasan: Ada kegiatan playdate bersama IIP Kalbar

Kegiatan:
Melakukan kegiatan Sciencefun. Ken dan Keenan berhasil melakukan percobaan walking water dan membuat larva.

Aspek yang di gali:
1. Ketuhanan: Saya menyebutkan segala hal yang kami temui selama kegiatan sebagai ciptaan Tuhan.
Fitrah yang dilibatkan: Fitrah keimanan, fitrah perkembangan

2.  Alam: Kegiatan ii dilaksanakan di taman sehingga Ken dan Keenan bisa melihat langsung pemandangan taman kota.
Fitrah yang dilibatkan: Fitrah keimanan

3. Sosial: Seharusnya playdate adalah salah satu kegiatan yang cukup baik untuk mengembangkan aspek ini. Karena disini Ken dan Keenan bisa bertemu dengan teman-temannya. Tapi apa daya, saya sebagai fasilitator belum bisa mengakomodir. Repot cyn. Megang dua batita sendirian maen aer sama pewarna makanan. Ini aja Keenan selalu minta biar airnya diminum karena dikira sirup. Padahal cuma dikasih pewarna. hehehe
Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial

4. Diri sendiri
a) Fisik/motorik: berjalan
b) Kognitif: Menstimulus rasa ingin tahu anak melalui percobaan science yang dilakukan
c) Kemandirian: Makan sendiri saat kegiatan
d) Emosi: -
Fitrah yang dilibatkan: fitrah perkembangan, fitrah belajar

Perlengkapan:
Disediakan oleh panitia

Biaya:
1. Pendaftaran: 65.000/2 anak
2. Gocar: 50.000 (Pulang Pergi)

#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...