Selasa, 18 September 2018

Home Education Ken dan Keenan: Pergi ke Monas di Malam Hari

2 April 2018

Jadi ya, sebagai seorang perantau, kalau balik kota ke Jakarta, rasanya buanyaaaak banget yang mau dilakuin dan ditemuin. Tapi ya itu, waktunya kerasa sempit. Belum lagi ken dan keenan sudah besar jadi kalau mau pergi harus spend waktu banyak. Karena saya sendiri sebagai ibu memang sudah mengajarkan kemandirian sejak kecil. Konsekuensinya harus kudu banyak sabar dan ngasih waktu lebih banyak untuk mereka ngerjain semua sendiri. Jadi gitu deh. Apa-apa harus disiapin dari jauh-jauh hari dan akhirnya Cuma sedikit yang bisa dilakuin.
But eniwei. Dari sekian banyak agenda (ceileeee sibuk ceritanya), salah satu yang kudu jadi prioritas itu ketemu tante cantik @mala. Tante ini emang humble dan friendly banget jadi sayang kalo ga ketemu pas di Jakarta (psssttt... ibu dibayar coklat buat nulis kaya gini sama tante mala... wkwkwk... boong deng). Jadi di khususin waktu buat ketemu biar bisa cipika cipiki sambil ngopi cantik ala selebgram. hihihii.
Oia, karena ceritanya ibu dan tante mau private curhat which is kita mau cerita banyak ngalor ngidul as a woman, wife, friend, and so on, jadi kita milih untuk nginep bareng di tempat yang netral. Maksudnya netral bukan rumah ibu atau rumah tante. Tapi tempat lain biar bisa lebih poooool ceritanya kek masih gadis muda belia (cihuy) tanpa harus terdengar bisik-bisik tentangga. hahahaha. Nah tadinya mau hotel, tapi harganya mayan juga. Padahal Cuma buat semalem doang soalnya besoknya tante mala kudu gawe. Akhirnya dipilihlah homestay deket kantor tante mala biar doi bisa langsung cuss ngantor setelah semalemnya begadang sama ibu. Alhamdulillah dapet homestay yang nyaman, bisa masak, ber AC, dan aman (btw, ini cerita tentang home education apa curhat ibu sik... hihihihi)
Akhirnya kita ketemuan sore. Udah jam 4an gitu. sempet bingung juga mau main kemana soalnya udah sore. Yang ada paling Cuma mall kalau jam segitu mah. Tapi kalau mall di Pontianak juga ada. Nah makanya tante Mala ngusulin ke Monas. Katanya monas cantik (tapi masih cantikan ibu...hahaha) kalau malam. jadi yes, akhirnya kita ke monas (lagi) karena waktu itu ga sempet main ke atasnya.
Selama perjalanan, ibu sengaja milih transportasi yang ga ada di pontianak. Pertama kita naik kereta. Ken dan Keenan kayaknya belum sadar-sadar amat kalau dia lagi naik kereta. Jadi ga yang amazed gitu dengan pemandangannya. Tapi malah sibuk makan snack yang dibeli ibu. Mungkin juga karena mereka laper kali ya udah jalan sana-sini jadi lebih milih ngemil. Hihihi.
Dan itu pertama kalinya juga ibu naik KRL legi setelah sekian purnama ga pernah naik. Dan baru tahu kalau ternyata di KRL ga boleh makan (senyum senyum). Jadi ibu lempeng aja buka makanan dan ngasih makan Ken dan Keenan. Pas tante Mala bilang ga boleh makan, baru deh ibu tahu. Untungnya tante mala superduper baik ngebiarin aja kita makan. Coba kalo dilaporin ke petugasnya, kan malu kalau sampe diturunin di jalan (hahaha...emang bisa diturunin di jalan).
Nah abis itu kita naek bajaj. Lagi-lagi ken dan keenan ga antusias gitu. mereka lebih antusias sama sosis yang baru dibeli di jalan. Duh emang anak kalau lagi laper fokusnya beda ya... hehehe
Sampe monas, kita langsung beli tiket dan masuk. Pas masuk museum, Ken dan Keenan seneeeeeeeeeeng banget. Tapi eh tapi, mereka senengnya bukan karena barang-barang museumnya. Tapi karena mereka bisa lari-larian di tempat yang luas dan adem. Jadi deh ibunya ngejar sana sini takut mereka nyasar.
Abis itu, kita pergi ke atas dan melihat pemandangan Jakarta. Anak-anak suka ngeliatnya walaupun udah ngatuk karena kelamaan ngantri.
Abis itu kita pulang. Rencananya mau naik busway, tapi karena pada ngantuk, akhirnya kita pesan gocar sampai tempat  penginapan.



Tempat: Monas
Alasan: Buka sampai malam

Kegiatan:
Melihat museum, belajar memakai teleskop, belajar antri, naik kereta dan naik bajaj

Aspek yang di gali:



Tempat: Monas
Alasan: Buka sampai malam

Kegiatan:
Melihat museum, belajar memakai teleskop, belajar antri, naik kereta dan naik bajaj

Aspek yang di gali:

 1. Ketuhanan:memperkenalkan setiap benda dan makhluk hidup yang kami temui sebagai ciptaan Tuhan




Fitrah yang dilibatkan: fitrah keimanan



2. Alam: -
Fitrah yang dilibatkan: -
 
3. Sosial: bersosialisasi dengan orang-orang baru, terutama saat mengantri di monas

Fitrah yang dilibatkan:  Fitrah Sosial




4. Diri sendiri
a)        Fisik/motorik: melatih motorik kasar (berlari-lari saat dimuseum)
b)        Kognitif: mengenal nama-nama transportasi
c)         Kemandirian: belajar untuk berjalan berdua dengan hanya pendampingan ibu dan tante mala
d)        Emosi: belajar sabar saat mengantri
Fitrah yang dilibatkan: fitrah belajar






Perlengkapan:
Snack, baju ganti, air minum

Biaya:
Ongkos untuk naik kereta api, bajaj, dan gocar, tiket masuk ke monas

#homeschooling
#kegiatanhomeschooling
#idehomeschooling
#inspirasihomeschooling
#homeschoolingibuerna
#homeschoolingKeenan
#Pendidikanberbasisfitrah
#HomeEducation
#UstadzHarrySantosa
#FitrahBasedEducation
#MenjagaFitrahAnak
#Fitrah
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Piknik Yuk, Mak!

 Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata ‘Piknik’? Topi dan kacamata hitam? Tikar dan rumput hijau membentang? Healing ? Kalau b...